TIPS & TRIK BERBICARA DI DEPAN UMUM

TIPS & TRIK BERBICARA DI DEPAN UMUM



Berbicara di depan umum mungkin bukan merupakan hal yang mudah bagio beberapa orang, barangkali ada diantara teman teman yang ingin berbicara di depan umum seperti pidato,ceramah,persentasi, atau lainya namun masih ragu dan tidak yakin untuk tampil? Kali ini mimin MSW bakal bagi bagi tips dan trik berbicara di depan umum berdasarkan pengalaman mimin sendiri :D , apa aja itu? Ok langsung aja cekidot gan....

  • 1. Niat

    Yap, seperti yang kita ketahui segala  sesuatu harus dimulai dari niat. Apa niat agan untuk berbicara, apakah untuk berbagi ilmu, menyatakan pendapat atau sebuah keterpaksaan ._. ?
Tapi apapun itu tentu kita harus mengawalinya dengan niat yang baik, jika niat sudah baik maka kita siap untuk tahap selanjutnya :D

  • 2. Kenali Audience

Ya, selanjutnya adalah kita harus tau dengan siapa kita berbicara, kepada siapa materi kita akan disampaikan, baik dari tingkat pendidikan, gender, ketertarikan atau hubungan dengan materi kita, dan lingkungan ( formal atau nonformal ). Jika kita sudah tau, maka ini akan memudahkan kita untuk menyesuaikan bagaimana kita berbicara ataupun menyiapkan materi.

  • 3. Cara Berbicara

Disaat kita berbicara kita harus memperhatikan bagaimana kita berbicara, cepatkah lambatkah? Jelaskah atau tidak jelas sama sekali? Kita sesuaikan dengan kalimat didalam materi kita. Intonasi, Kelancaran, dan kelantangan suara juga berpengaruh, jika suara kita kecil maka audience tidak jelas mendengar dan akhirnya justru memilih untuk tidak memperhatikan. Dalam materi kita, kita juga harus menentukan bagian mana yang kita tegaskan, kita lantangkan suara kita, atau memang harus kita pelankan. Itu semua salah satu point penting dalam berbicara di depan umum. Kita juga memeperhatikan bahasa yang kita gunakan, jika lingkungan nya nonformal mungkin tidak masalah kita menggunakan bahasa sehari sehari, akan tetapi jika formal tentu kita harus menggunakan bahasa yang baku, baik dan benar.

  • 4. Ekpresi

Point selanjutnya adalah ekpresi, dengan adanya ekpresi audience akan lebih bersemangat mendengar materi yang kita sampaikan dan materi yang kita sampaikan pun menjadi lebih mudah dipahami. Apa yang kita sampaikan itu pula yang kita peragakan. Memang tidak ada salahnya jika tidak disertai ekpresi, namun banyak dari audience yang mudah sekali bosan saat penyampaian materi. Kita akan terlihat terkesan kaku, gugup,dan yap.. membosankan. Dengan adanya ekpresi penyampaian kita mungkin akan menjadi lebih hidup.

  • 5. 3S ( Senyum,Sapa,Sanjung )

Pembukaan juga adalah point yang penting, biasanya audience juga menilai apakah penyampaian kita menarik atau tidak dari sebuah pembukaan. Teman teman bisa memulai nya seperti “Selamat Pagi semua... cuacah hari ini cerah ya, secerah wajah teman teman yang cantik dan ganteng semuanya :D, baik disini saya juga ingin menyampaikan beberapa materi yang mungkin dapat menjadi pencerahan.. hehe.” Atau masih banyak cara lain yang lebih menarik, dan tidak lupa diiringi dengan senyum yang tulus J.

  • 6. Feedback dan Interaksi dengan audience

Selanjutnya adalah umpan balik dan interaksi, cobalah untuk sekali sekali memberikan umpan kepada audience atau berinteraksi dengan audience, ada banyak cara untuk melakukan hal ini, dan yakinlah bahwa ini juga point yang penting yang dapat membuat penyampaian materi kita menjadi hidup.

  • 7. Keterbukaan dengan audience

Jika ini merupakan penampilan teman teman yang pertama, wajar saja jika gugup atau merasa grogi, maka dari itu tidak ada salahnya jika sedikit santai dan terbuka serta melakukan beberapa chitchat dengan audience. Seperti “..jujur saja, ini merupakan penampilan saya yang pertama, wah saya sangat gugup dan grogi untuk berbicara di depan teman teman semua, sepertinya saya harus terbiasa kedepan nya ya.. hehe, apa teman teman semua juga begini saat penampilan pertama? Jika iya wah kita sama dong.. hehe”
 Dengan begitu mungkin sedikit banyaknya dapat mengurangi kegugupan kita, dan audience pun mengerti jika banyak yang kurang karena ini FIRST TIME nya teman teman untuk tampil.

  • 8. Kuasi Materi

Yap, point ini juga tidak kalah penting, seberapa siapkah teman teman dengan materi yang akan disampaikan? Sudah latihan kah? Atau hanya masa bodoh dengan materi yang ingin disampaikan? Wah jangan sampai ya... :D. Latihan juga merupakan hal yang penting, semakin sering kita latihan semakin kita kuasi materi kita dan kita juga tau dimanakah kekurangan kita dan dimana yang perlu kita tambahkan.

  • 9. Percaya Diri

Yang terakhir adalah percaya diri, Yakinlah Bahwa Anda Bisa !!. Jangan takut untuk gagal, jangan takut untuk salah, karena kita semua sama sama belajar. Jika agan percaya maka saya yakin ini pasti dapat membantu teman teman semua.

 
Yap... kira kira begitulah tips dan trik yang dapat mimin share dengan teman teman semua, semoga sedikit banyaknya dapat membantu ya J, mimin mohon maaf jika tidak dapat membantu banyak. Sampai jumpa di post lain nya.. cya... :D

Related Posts:

0 Response to "TIPS & TRIK BERBICARA DI DEPAN UMUM"

Post a Comment