Identifikasi Pidato Resmi + Contoh Pidato Resmi dan Tidak Resmi

PIDATO RESMI

Kerangka Pidato :
  1. Bahasa Indonesia zaman sekarang.
  2. Maraknya penggunaan bahasa gaul.
  3. Peran media massa dalam penggunaan Bahasa Indonesia.
  4. Solusi dan manfaat berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
 PIDATO TIDAK RESMI

Kerangka Pidato :
  1. Perkembangan remaja sekarang.
  2. Peranan orang tua dalam perkembangan remaja.
  3. Pengaruh pergaulan dalam perkembangan remaja.
  4. Faktor perkembangan remaja yang tidak baik.
  5. Solusi dan usaha mengatasi perkembangan remaja yang tidak baik.

CONTOH PIDATO RESMI
 
Assalamualaikum wr.wb

Yth. Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Yth. Para pengurus dan staff acara seminar pagi hari ini

Yth. Bapak ibu hadirin yang berbahagia, serta

Teman teman seperjuangan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja-puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat berkumpul dalam keadaan yang sehat walafiat.

Salawat serta salam tak lupa kita kirimkan kepada jnjungan alam nabi besar Muhammad SAW, dengan mengucapkan : Allahumma Sali ala sayyidina Muhammad, waala ali sayyidina Muhammad.


Sebelumnya saya berterima kasih kepada pengurus yang telah mengizinkan saya berpidato pada hari ini, adapun idato yang akan saya sampaikan berjudul l “ Bahasa Indonesia Yang Tenggelam Oleh Zaman”

Hadirin yang berbahagia


Pada jaman globalisasi yaitu jaman sekarang jamannya teknologi yang canggih yang sangat mempengaruhi pemuda Indonesia. Pada jaman ini lah pemuda Indonesia berlomba untuk menampilkan diri kepada teman-teman bahkan dunia bahwa dirinya gaul. Maka dari itu timbul kalakuan yang tidak teratur, gaya berpakaian yang ugal-ugalan, dan termasuk bahasa juga sudah sangat berubah tidak sesuai dengan KBRI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Bahasa yang dulu pernah baik ada nya sekarang sudah jauh menyimpang dari bahasa yang sebenarnya. Bahkan yang sangat memprihatinkan lagi timbul kata-kata yang membuat pemuda kita malu berbahasa yang benar dengan ungkapan “kalau tidak berbahasa gaul kita dikatakan kampungan” inilah yang sekarang mempengaruhi pemuda kita jaman sekarang, dan kebiasaan mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa asing, bahasa gaul dan lain-lain yang membuat bahasa Indonesia semakin terpuruk keberadaannya. Padahal penggunaan bahasa Indonesia yang benar akan memperlihatkan kepada dunia bahwa kita  menjunjung tinggi bangsa Indonesia.

Di zaman sekarang ini, banyak kita jumpai bahasa bahasa yang aneh dan tidak sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama di kalangan remaja. Contohnya bahasa bahasa gaul seperti : ciyus, kellez, iyuh, kamseupay, jijay dan lainya. Kata kata tersebut jelas salah dan tidak sesuai dengan kamus besar Bahasa Indonesia.

Peran Media Massa juga mempengaruhi penggunaan Bahasa Indonesia pada anak dan masyarakat Indonesia. Iklan, sinetron, artikel, majalah, internet yang penggunaan kata dan kalimat tidak mengikuti aturan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sangat tidak mungkin kita tidak menggunakan atau menghindari media massa tersebut, oleh sebab itu kita kembali lagi ke lingkungan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Disinilah peran penting pemerintah dalam membuat kebijakan tentang penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar kepada media massa.

Setelah kita melihat masalah masalah tersebut, kita menyadari ternyata masih banyak kesalahan kita saat berbicara dengan orang lain yang belum benar penggunaan Bahasa Indonesia nya. Padahal jika ucapan kita sudah sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia kita bisa mendapatkan banyak keuntungan, kita bisa lancar berbicara di depan umum, kita tidak sungkan lagi mengikuti acara acara formal, dan banyak lagi keuntungan lainya. Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita intropeksi diri, dan mencoba untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan demikian kita sudah menunjukan bahwa kita sudah menjunjung tinggi bahasa Indonesia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, dapat kita simpulkan bahwa seiiring berkembang zaman, banyak muncul bahasa asing dan bahasa gaul yang lebih sering digunakan masyarakat daripada Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu merupakan tugas kita lah sebagai generaso bangsa untuk membangkitkanya dari keterpurukan ini. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?


Saya mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan..

Wabilahi taufiq wal hidayah, wasslamualaikum wr.wb


Tag : Kerangka Pidato Resmi, Contoh Pidato Resmi, Pidato Resmi, Cara Membuat Pidato Resmi




Related Posts:

0 Response to "Identifikasi Pidato Resmi + Contoh Pidato Resmi dan Tidak Resmi"

Post a Comment