Makalah Variabel Teknik Menghentikan Bola Kaki



BAB I PENDAHULUAN

  A.  Latar Belakang
  
Sepakbola adalah suatu permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Sepakbola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.

Tujuan dari permainan sepakbola adalah masing-masing regu atau kesebelasan yaitu berusaha menguasai bola, memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk melindungi atau menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola. Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antar sesama anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainansepakbola.Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik, pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola ada beberapa macam, seperti stop ball (menghentikan bola), shooting (menendang bola ke gawang), passing (mengumpan), heading (menyundul bola), dan dribbling (menggiring bola), dan dimakalah ini kami akan membahas tentang variabel menghentikan bola.

  B.  Tujuan Penulisan
Makalah ini bertujuan :
• Dapat mengetahui tentang teknik teknik menghentikan bola kaki
• Dapat memahami teknik teknik menghentikan bola kaki



BAB II PEMBAHASAN

Teknik dasar menghentikan bola - Yang dimaksud teknik menghentikan bola (kontrol) adalah menghentikan bola yang sedang bergerak agar berada dalam penguasaan kita. Tujuannya adalah untuk bisa menguasai bola saat kita mendapatkannya, dan beralih ke teknik selanjutnya (mengoper atau menggiring bola).

Dalam permainan Sepak Bola, mengontrol atau menghentikan bola merupakan hal dasar yang sangat penting. Karena jika Anda dapat mengontrol atau menghentikan bola dengan baik maka akan membuat permainan sepakbola tim Anda semakin bagus dan dapat memperlancar permainan.Teknik Mengontrol bola ini muda dilakukan, asalkan Anda sering berlatih dan melakukannya dengan serius. Cara mengontrol bola juga ada beberapa teknik, yaitu cara mengontrol bola dengan kaki bagian dalam, mengontrol bola dengan kaki bagian luar dan mengontrol bola dengan bagian punggung kaki. Berikut ini Teknik Cara mengontrol atau menghentikan bola.

1. Teknik Cara mengontrol dengan kaki bagian dalam :
a) Kemudian langkah sikap tubuh menghadap ke arah datangnya bola.
b) Selanjutnya pergelangan kaki yang digunakan untuk mengontrol diputar ke arah luar.
c) Kaki tumpu lututnya sedikitnya ditekuk dan kedua tangan bergerak secara rileks untuk keseimbangan.
d) Kaki yang digunakan untuk mengontrol bola diangkat diarahkan ke datangnya bola.

e) Bola disentuhkan pada kaki bagian dalam, kemudian kaki ditarik ke belakang, selanjutnya bola dikuasai.

2. Teknik mengontrol bola dengan kaki bagian luar :
a) Langkah pertama sikap tubuh berdiri dengan tubuh condong ke depan dan pandangan mata ke arah datangnya bola.
b) Kemudian kaki tumpu sedikit ditekuk dan kaki yang digunakan untuk mengontrol bola disilangkan untuk menahan bola atau dikenakan.
c) Bola dikontrol dengan kaki luar dan tangan bergerak rileks untuk keseimbangan. Atau Anda dapat melihat gambar berikut ini.

 3. Teknik mengontrol bola dengan punggung kaki :
a) Langkah pertama sikap tubuh berdiri menghadap ke arah datangnya bola dan pandangan mata ke arah datangnya bola.
b) Kemudian kaki tumpu sedikit ditekuk dan kaki yang digunakan untuk mengontrol bola ditekuk ke depan dengan pergelangan kaki ditekuk ke bawah.
c) Pada waktu mengontrol bola, punggung kaki dikenakan pada bola. Selanjutnya, bola dikuasai.




BAB III PENUTUP

  A.  Kesimpulan
Teknik menghentikan bola (kontrol) adalah menghentikan bola yang sedang bergerak agar berada dalam penguasaan kita. Tujuannya adalah untuk bisa menguasai bola saat kita mendapatkannya, dan beralih ke teknik selanjutnya. Teknik mengontrol bola di atas dapat Anda lakukan di rumah atau di tempat Anda bermain Sepakbola, Anda juga dapat merubah variasi berlatih sesuai dengan kesukaan Anda. Lakukan latihan dengan rutin dan serius agar Anda mendapatkan skill dan hasil yang maksimal.

  B.  Saran
Dengan latihan yang rutin kita mungkin dapat menguasai teknik teknik tersebut dengan sangat baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan menambah wawasan atau pengetahuan tentang variasi menghentikan bola.

Daftar Pustaka

Related Posts:

0 Response to "Makalah Variabel Teknik Menghentikan Bola Kaki"

Post a Comment